Kamis, 06 Juni 2013

Cowok Nggak Sekuat Apa Yang Terlihat

"kita putus aja ya. Maaf, kayaknya kamu terlalu baik buat aku" adalah kalimat paling nggak masuk akal yang pernah gue terima dari seorang cewek. Kejadiannya di sebuah restoran, setelah kita selesai makan, tiba-tiba dia mutusin gue gitu aja. Pergi dan nggak pernah balik lagi.
Ketika denger kalimat itu, ada kayak perasaan yang campur aduk. Antara sedih dan bingung. Sedih karena kebetulan waktu itu gue masih sangat sayang sama dia. Bingung karena kebetulan waktu itu gue lupa bawa dompet.

Ada banyak hal yang cewek nggak tau dari seoarang cowok. Bahwa sebenarnya untuk urusan hati, sekuat-kuatnya cowok, ketika hatinya disakiti, pasti akan menjadi lemah juga. Mungkin fisik cowok lebih kuat dibanding cewek, tapi hati mereka sama lemahnya seperti cewek. 
Kalo ada cowok yang bilang.. "gue nggak pernah sedih karena cewek" itu udah pasti bohong. Nggak ada cowok yang sekuat itu. Kalaupun ngeliat cowok yang baru diputusin tapi dia masih keliatan happy, itu cuma bagian dari pencitraan aja.

Bahkan sejarah pun membuktikan, segarang-garangnya Achilles, dia tewas cuma gara-gara menyelamatkan gebetannya yang bernama Briseis. Sekuat-kuatnya Julius Caesar, dia mati cuma gara-gara cewek bernama Cleopatra yang punya rambut berponi seperti Dora. Dan sehebat-hebatnya Maha Patih Gajah Mada, dia tumbang cuma gara-gara Dyah Pitaloka.
See? Cowok nggak sekuat apa yang kalian kira. Cowok nggak sekuat apa yang terlihat.

Gue sering menyaksikan betapa lemahnya cowok ketika berurusan dengan hatinya. Banyak temen gue yang terlihat perkasa di luar, tapi rapuh di dalam.
Contoh nyata, temen gue, cowok, Sebut saja namanya Seno (bukan nama samaran). Dia adalah temen gue yang paling jagoan. Sering berantem, muka preman, badan tatoan, dan sering nyetir ugal-ugalan di jalanan. Pokoknya bener-bener brandalan banget.

Ceritanya hari itu, gue main ke rumah Seno. Sampai di sana, gue ketemu nyokapnya. Dan nyokapnya nyuruh gue buat langsung masuk aja ke kamar Seno. Sebelumnya gue ngak ada pikiran apa-apa. Tapi ketika gue sampai di depan pintu kamar Seno, gue ngerasa ada yang aneh. Yang gue tau Seno adalah temen gue yang sangat suka musik-musik cadas kayak Death Metal, Hardcore, dll. Tapi hari itu gue sempet shock waktu denger lagu Kahitna berkumandang di kamarnya.

Perasaan gue ketika denger lagu Kahitna berkumandang di kamar Seno, sama anehnya kayak ngeliat Hulk lagi Kerimbat di salon. Sedih gue ngeliatnya.
Sempet gue kira gue salah kamar. Tapi setelah gue liat lagi, gue yakin itu kamar Seno. Gue pun tanpa ragu langsung masuk ke dalem.
Di kamar itu gue ngeliat Seno lagi tengkurep manja ala-ala cewek di FTV yang lagi patah hati. Perih mata gue ngeliatnya.

Gue masih belum ngerti kenapa hari itu Seno berperilaku imut nggak seperti biasanya. Akhir gue nanya ke dia.. "Sen, lo gapapa kan?". Seno melihat ke arah gue dan balik bertanya ke gue "menurut lo cinta sejati di dunia ini ada nggak sih?"  Gue speechless. Suasana di kamar itu mendadak jadi terasa sangat mencekam. Sempat beberapa detik gue mikir kalo Seno lagi kesurupan kuntilanak penunggu pohon jengkol.

Setelah ngobrol-ngobrolin cinta sejati, akhirnya Seno mulai cerita ke gue. Ternyata dia baru aja diputusin ceweknya. Karena menurut ceweknya, Seno terlalu posesif. Gue ngerti gimana perasaan Seno waktu itu. Karena gue juga sering diputusin dengan alasan nggak kreatif seperti itu. Kenapa gue bilang nggak kreatif? Karena cewek itu kadang aneh. Maunya selalu diperhatiin, giliran diperhatiin terus, cowoknya yang dituduh posesif. Ya akhirnya balik lagi ke peraturan dasar dalam berpacaran; cewek selalu benar, dan cowok selalu salah.

Sambil diiringi lagu mendayu-dayu dari Kahitna, gue berusaha dengerin curhatan Seno. Awalnya dia santai. Cuma curhat-curhat biasa. Lama-lama matanya mulai berkaca-kaca. Suaranya mulai terdengar nggak stabil. Dan mukanya keliatan makin absurd. Nggak lama, air matanya mulai menetes. Dia nggak sanggup ngelanjutin omongannya. Iya, Seno nangis. Gue yang waktu itu panik ketika ngeliat dia nangis, langsung nyari tissue supaya dia bisa cepet-cepet menghapus air matanya. Bukan apa-apa, jijik gue ngeliatnya.
Tapi ternyata di kamar Seno nggak ada tissue, yang ada cuma kanebo.

Sambil mengahpus air matanya pake kanebo, Seno melanjutkan curhatnya. Dan yang bisa gue lakukan cuma pasrah. Gue bener-bener nggak tau harus berbuat apa.
Selama berjam-jam curhat, gue cuma bisa bilang "iya" dan "sabar aja". Tujuannya simple, biar curhatnya cepet selesai. Karena gue adalah tipe orang yang males curhat-curhatan. Kecuali curhat-curhatan sama cewek cantik

Akhirnya Seno diem. Mungkin dia udah capek curhat terus daritadi. Gue pun secepat mungkin melarikan diri dari kamar Seno. Sebelum dia melanjutkan curhatnya. Dan sebelum kuping gue berdarah-darah karna kelamaan denger curhatan Seno.
Setelah pulang dari rumah Seno, gue ketawa-ketawa sendiri. Semua bener-bener diluar dugaan. Bahkan cowok segarang Seno pun, hatinya bisa hancur berkeping-keping setelah diputusin.
Itulah, kadang hati nggak pernah bisa dibohongi. Mau sekuat apapun seorang cowok, akan ada saat di mana dia tau bahwa hatinya tidak sekuat apa yang dia kira.


12 komentar:

  1. seno yg garang gitu aja bisa nangis, apalgi lo ya, bang.....
    udah kyak praturan pas opspek aja, cewe selalu benar dan cowo salalu slah...

    kunjngan bliknya, bang. 'Mahasantri'

    BalasHapus
  2. Ospek macam apa yang peraturannya begitu.. -_-

    BalasHapus
  3. Dim . Manaaaaa lagiiii yang baruuuuu x)

    BalasHapus
  4. Sabar ya. Lagi fokus di satu project baru. :))

    BalasHapus
  5. Cewek selalu benar, cowok selalu salah xD Mantap bro
    twitter @mangbudja

    BalasHapus
  6. Sebenrnya waktu lu ngetawain Seno, lu ngetawain semua cowok jg low Bang. ckckckck

    BalasHapus
  7. Kenapa cewek lagi yang disalahin? *beladiri :v

    BalasHapus
  8. pasal 1 : cwe selalu benar
    pasal 2 : jika cwe salah, lihat pasal 1

    :D

    BalasHapus
  9. Bikin cerita dong kak, cewek diputusin cowok gara2 beda adat dan ternyata nggak cinta hanya sayang dan peduli 😣

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...